Resolusi 2023 Fitrah Izul Falaq
Resolusi 2023 Fitrah Izul Falaq

Fitrah.sch.id – Resolusi Tahun 2023: mengawali kehidupan di usia seperempat abad. Begitulah yang saat ini terbayang dalam benak saya. Setelah mengalami perjuangan panjang, tibalah pada titik “benar-benar” harus menentukan pilihan.

Sekilah Perjalanan

Bagaimana tidak, selama 18 tahun menghabiskan hidup di Kota Probolinggo, 7 tahun di Kota Malang, banyak kisah silih berganti hingga saat ini mencapai masa stuck. Seperti kata mawang, sibuk nggak ngapa-ngapain, padahal banyak tuntutan yang sebenarnya sudah menunggu.

Sampai detik ini, saya masih mengingat pelajaran pertama oleh ibu Carolina, Dosen Bimbingan Konseling UM. Beliau mengatakan bahwa jika kita memiliki mimpi, maka kita harus mempersiapkan aset untuk mencapainya. Kata-kata itu begitu menginspirasi bagi saya, setelah keluar kelas, saya mulai memikirkan dengan matang apa yang menjadi tujuan dan apa yang harus saya persiapkan.

Pencapaian yang saya inginkan kala itu: mandiri, menjadi mahasiswa berprestasi, menjadi aktivis, dan menjadi programmer. Alhamdulillah, semua tercapai sesuai melebihi ekspetasi saya.

Mandiri dengan usaha Bikinkarya Creative Labs yang selalu ada ketika membutuhkan biaya. Mahasiswa berprestasi ke 3 Universitas Negeri Malang tahun 2018. Menjadi Wakil Ketua Rayon – Ketua Rayon – Ketua Komisariat PMII Sunan Kalijaga UM. Dan menyelesaikan beberapa project di Universitas Islam Malang.

Namun, antara semua pencapaian itu, terdapat rasa bimbang yang tak tertahankan. Sering saya bertanya dalam hati: Apa fokus yang ingin saya tuju? Akademiskah? Pebisniskah? atau Aktiviskah?. Perasaan yang sama ketika tertolak SNMPTN dan PMDK dan hampir menyerah untuk lanjut kuliah.

Menghadapi ketidakpastian menjadi tantangan yang paling menakutkan dalam hidup.

Sebagai anak pertama, menjadi seorang kakak, tentu saya tidak boleh menyerah dengan keadaaan. Saya masih yakin dengan idiom, “Apa yang kita lakukan tidak pernah sia-sia. Pasti akan bermanfaat suatu saat kelak“.  Untuk itulah, pada tahun 2023, menginjak usia seperempat abad saya memulai resolusi baru.

Karir. Bisnis. Keluarga. Hobi.

Resolusi 2023

Karir

Prioritas utama saat ini adalah menentukan bidang pekerjaan. Di tahun 2023 ini, profesi yang saya geluti adalah Tenaga Ahli IT di UPT Pelatihan Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur. Menginjak tahun ketiga bekerja, saya menikmati rutinitas yang dilakukan. Pekerjaan ini menjawab cita-cita saya sejak SMP dulu. Sebuah kepuasan saat bekerja sesuai angan-angan ketika remaja. Tentu, saya sudah yakin bahwa pekerjaan yang mengikuti hobi lebih penting daripada memprioritaskan pendapatan. Karena sebenarnya saya juga sangat yakin bahwa bekerja di bidang IT pasti memiliki pendapatan yang tidak sedikit, hehe.

Bisnis

Memulai usaha PT Bikinkarya Creative Labs. Merapikan laporan keuangan, melakukan manajemen bisnis, dan menanam modal untuk investasi kedepan. Target tahun ini harus bisa menyelesaikan neraca keuangan dan mendapatkan omset diatas 10 jt murni dari bisnis.

Keluarga

Menjadi tulang punggung keluarga menjadi harga diri seorang pria. Perihal keluarga, prioritas utama adalah membangun hubungan baik diantara dua keluarga. Semoga tahun ini benar-benar bisa dan siap untuk dipersatukan. Sejak kehilangan di akhir tahun 2021 lalu, saya tidak begitu memikirkan tentang bagaimana keluarga saya kelak.

Gie pernah berkata, “Nasib terbaik adalah tidak dilahirkan, yang kedua dilahirkan tapi mati muda, dan yang tersial adalah umur tua. Rasa-rasanya memang begitu. Bahagialah mereka yang mati muda.”

Mungkin benar apa yang dikatakan aktivis 2 orde tersebut. Namun, bagaimanapun keluarga memiliki priorita utama. Tentu menjadi dosa besar ketika menghadap dengan menyisakkan tangis bagi keluarga.

Hobi

Programming, Desain, dan Writing selalu menjadi hobi saya. Resolusi tahun 2023 ini adalah menulis banyak artikel, minimal tulisan singkat tentang perjalanan hidup. Selanjutnya, membangun blog untuk mencatat kisah saya seperti yang dilakukan oleh Dosen Terbaik saya, Ence Surahman. Terakhir, dalam bidang desain saya menginginkan perangkat yang mendukung, laptop, tablet, kamera, dan studio meskipun kecil.

Blog Fitrah.sch.id

Saya memulai laman https://fitrah.sch.id sebagai bentuk harapan dan usaha untuk mewujudkan cita-cita saya sejak kecil: memiliki sekolah yang erat kaitannya dengan teknologi tanpa haru membayar mahal. Saya berkuliah, belajar pemrograman, mendapatkan pendanaan dari perlombaan dan kegiatan aktivisme, bekerja menabung untuk bisnis. Seluruh hal tersebut saya lakukan untuk mewujudkan cita-cita saya tersebut.

Semoga tercapai.
Selamat tahun 2023!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Tantangan Menyelesaikan Tesis bagi Mahasiswa S2

FITRAH.SCH.ID – Menyelesaikan tesis dengan mengikuti passion menjadi tantangan terbesar dalam hidup…

Membuat Surat Izin Observasi FIP Universitas Negeri Malang [Online]

FITRAH.SCH.ID – FIP Universitas Negeri Malang banyak membuat terobosan administrasi, yaitu Pembuatan…

Tips Maintenance dan Backup Data Website

FITRAH.SCH.ID – Catatan ini membahas bagaimana tips dan trik untuk melakukan backup…

Salah Kaprah Memaknai OMEK

FITRAH.SCH.ID – Tidak sedikit pandangan yang salah kaprah memaknai OMEK. Organisasi mahasiswa…